Tips Beli Berlian

TRIK SAAT MEMBELI BERLIAN-Sudah sedari dulu bahwa berlian disebut-sebut sebagai sahabat wanita. Namun membeli batu mulia yang satu ini bukanlah perkara gampang. Jika Anda memutuskan ingin membeli berlian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Dok. Thinkstock

Menurut Jelita Setifa, seorang marketing manager dari salah satu perusahaan perhiasan ternama, Modial Jeweler, ada tiga hal penting yang harus selalu diperhatikan saat membeli berlian. Berikut tiga tips tersebut.

Sertifikat
Ketika ingin membeli berlian, sebaiknya belilah berlian yang bersertifikat. Menurut Jelita, sebaiknya sertifikat berlian tersebut dikeluarkan oleh Gemological Institute of America (GIA).

"GIA merupakan badan sertifikasi non-profit sehingga penilaian yang diberikan sangat objektif," ujar Jelita saat diwawancara wolipop.

Selain itu, meminta sertifikat juga berguna untuk menilai kualitas berlian dari lembaga yang bisa dipercaya. Hal ini untuk menghindari Anda dari membeli berlian yang dinilai lebih tinggi dari seharusnya.

Karat
Karat adalah satuan berat pada berlian. Saat membeli berlian jumlah karat akan sangat mempengaruhi harga berlian tersebut. Jelita menyarankan jika membeli berlian di atas 1 karat, maka sebaiknya dilebihkan sedikit. Misalnya Anda membeli 1 karat berlian, maka sebaiknya Anda melebihkan sedikit karatnya menjadi 1,2 karat.

Hal ini tentunya bukan tidak beralasan. Selama penggunaan berlian, Anda tidak mengetahui apa yang akan terjadi. Benturan berlian atau berlian yang jatuh dapat mengakibatkan berlian terkikis sehingga jumlah karatnya menurun. Sedangkan harga belian yang ada di atas 1 karat dengan yang ada di bawah 1 karat berbeda jauh.

Nilai Investasi
Harga berlian memang mahal, namun janganlah Anda memandangnya sebagai gaya hidup high end saja. Berlian juga bisa menjadi investasi bagi pemiliknya seperti halnya tanah dan emas. Selain itu, berlian bisa menjadi warisan untuk anak-cucu di masa yang akan datang. Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Gugel Ke 2 • Design by Dzignine