Sepeda Motor Bertenaga Udara

Mahasiswa jurusan desain industri, Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Dean Benstead, berhasil membuat gebrakan dengan menciptakan sepeda motor yang bergerak menggunakan tenaga udara bertekanan tinggi (compressed air). Seperti dilaporkan Visordown, Kamis 3 November 2011, motor yang diberi nama '02 Pursuit' ini merupakan sosok sepeda motor masa depan, yang menawarkan bahan bakar alternatif sebagai pengganti bensin.

"Sepeda motor konsep ini awalnya diciptakan dari goresan sketsa ke grafis komputer. Kemudian dibentuk sasis dan bodi, diproduksi dengan bantuan pabrik lokal Rinlatech Engineering," ujar Benstead. Sepeda motor yang memiliki desain berbasis motorcross ini, hadir dengan body ramping, satu jok, serta suspensi tunggal di belakang. Di bagian velg, Benstead sengaja menggunakan model jari-jari, yang dipadu dengan balutan ban bertapak lebar. Hasilnya motor mungil ini terlihat sangat garang.

Bahan dasar motor ini diambil motorcross 250 cc. Sedangkan Gear penggeraknya dari Yamaha WR240F, yang diintegrasikan dengan mesin udara (Engineair) DiPietro. Benstead mengklaim sepeda motor itu mampu melesat hingga 100 km/jam.

Benstead mengaku membuat '02 Pursuit', karena terinspirasi dari pengalamannya semasa kecil yang gemar mengendarai sepeda gunung. "Masih diperlukan kembali penyempurnaan, terutama dari segi bobot sasis. Mungkin akan lebih ringan jika menggunakan bahan aluminium dan titanium," ungkapnya. 02 Pursuit akan mengawali debut perdananya di Sydney Motorcycle & Scooter Show, 25 November 2011.

02 pursuit

02 pursuit

02 pursuit

02 pursuit

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Gugel Ke 2 • Design by Dzignine