5 Tanda Anda Memenangkan Undian Tipuan

Diantara anda pasti pernah menerima email yang menyatakan bahwa Anda memenangkan gadget, atau uang senilai sekian ribu dollar, dari sebuah perusahaan asing. Atau, Anda akan mendapat notebook terbaru jika Anda mem-forward email tersebut kepada sejumlah orang. Akal sehat Anda mengatakan bahwa semua hal ini sebenarnya penipuan, tetapi kok... ada juga bisikan-bisikan yang mengatakan, "Bagaimana kalau hal itu benar ?"



[Image: 1746343p.jpg]



Sebenarnya, ada beberapa tanda yang jelas yang dapat dijadikan pegangan bahwa semua hal itu tipuan belaka. Ingat baik-baik kelima hal berikut sebelum Anda terlena dengan tipuan para pengirim email.



Anda merasa tidak mengikuti lomba atau undian tersebut.



Bagaimana mungkin Anda memenangkan sebuah hadiah jika Anda tidak pernah mengikuti lomba atau undian yang diadakan untuk memperebutkan hadiah tersebut? Anda bisa berpikir sejenak untuk mengingat-ingat, siapa tahu Anda memang pernah mengikuti undian tersebut. Bila kurang pasti, Anda bisa mencari tahu apakah benar perusahaan tersebut mengadakan lomba semacam itu, dan Anda merupakan salah satu pemenangnya. Kalaupun Anda memang pernah mengikuti undian berhadiah, tak ada salahnya Anda tetap mengecek langsung pada penyelenggara untuk memastikan kemenangan Anda.



Menyebutkan kata "lotere".



Memangnya, Anda pernah membeli atau mengikuti lotere? Jika Anda menerima email dari negara lain, dan mengumumkan bahwa Anda memenangkan lotere, hal ini tidak sah. Untuk mengikuti lotere, biasanya Anda harus membayarkan sejumlah uang. Kemudian pemenangnya pun tak diumumkan melalui email. Ciri lain yang perlu diwaspadai antara lain "grant award" atau adanya sebutan "international fund".



Email dikirimkan kepada banyak orang.



Ada cara mudah untuk mengetahui apakah Anda satu-satunya orang yang beruntung memenangkan hadiah tersebut. Klik saja "reply", dan lihat kolom "to". Apakah email Anda ada di antara banyak email lain dengan urutan alfabet yang sama dengan Anda? Bila ya, kemungkinan besar Anda ada dalam daftar email spam. Jadi, si pengirim mengirimkan email yang sama kepada ribuan orang dan berharap ada salah satu yang termakan tipuannya. Kalau sudah begini, delete saja email Anda. Jangan membalas email spam tersebut, karena bila Anda membalasnya, berarti Anda mengkonfirmasi si spammer bahwa email Anda valid. Akibatnya, Anda akan menerima lebih banyak email spam lagi.



Hyperlink-nya meragukan.



Kebanyakan email palsu mencoba mengakses data pribadi Anda (biasa disebut phishing email) untuk membuat Anda mengklik link di dalam body email, atau membalas email tertentu. Email atau link tersebut tampak sah, karena menyebutkan kalimat seperti, "Please check out xyz company to get your prize!". Sebelum mengklik link atau email tersebut, coba geser mouse di atas hyperlink tanpa mengkliknya. Dengan cara itu, Anda bisa melihat kemana Anda akan diarahkan. Jika yang Anda lihat adalah alamat pada email, tinggalkan saja. Anda hanya sedang dipaksa masuk ke situs-situs yang tidak pernah Anda kunjungi.



Anda diminta mengirimkan sejumlah uang.



Apakah uang tersebut merupakan biaya pengiriman, biaya pemrosesan, atau award fee untuk hadiah Anda, Anda tak perlu menurutinya. Yang namanya hadiah seharusnya diberikan tanpa imbalan lainnya. Hati-hati juga bila ada yang meminta Anda membayar pajak untuk setiap hadiah yang Anda menangkan. Jangan biarkan spammer menganggap Anda mudah ditipu!





source : MSN Money
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Gugel Ke 2 • Design by Dzignine