Rahasia di Balik Kecerdasan Burung Gagak



Gagak termasuk dalam hewan yang bisa dikatakan cerdas. Kini, peneliti Jepang berhasil mengungkap salah satu kemampuannya yang menyerupai manusia. Apa itu?

Menurut hasil studi, gagak memiliki kemampuan serupa manusia dalam membedakan antara simbol-simbol yang mewakili jumlah yang berbeda. Dalam serangkaian percobaan di Utsunomiya University, burung berhasil memilih kontainer dengan jumlah makanan terbanyak.

Hal itu bisa terjadi melalui identifikasi nomor yang ditandai pada tutupnya. Profesor morfologi hewan Shoei Sugita mengatakan, temuan ini menunjukkan gagak memiliki kemampuan kognisi numerik yang sama dengan manusia.

Dalam percobaan dengan delapan gagak hutan, dua kontainer ditandai dengan simbol numerik 'dua' dan 'lima' pada tutupnya, kemudian ditempatkan dalam kandangnya dengan hanya wadah 'lima' yang berisi makanan.

Peneliti mengatakan, sebanyak 70% upayanya, gagak ini mampu mengambil kotak yang benar. Temuan ini diterbitkan di jurnal Animal Behaviour internasional.

Tahun lalu, ilmuwan Utsunomiya University melaporkan, gagak mampu membedakan wajah pria dan wanita seperti ditulis UPI. Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Gugel Ke 2 • Design by Dzignine