Lenguhan Koala Bisa 'Menipu' Ukuran Tubuhnya

Ternyata lenguhan koala yang biasa dikeluarkan di musim kawin, ternyata bisa membuat makhluk khas Australia ini 'nampak' lebih besar. Dari sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Experimental Biology, lenguhan itu membuat koala sulit dibedakan dari bison.

Suara lenguhan ini sendiri biasanya berasal dari koala jantan. Dengan suara seperti bison itu, si koala bisa mengintimidasi lawan dan mendapatkan pasangan untuk kawin.

"Untuk pertama kalinya, kami menunjukkan ada variasi dalam lenguhan yang berhubungan dengan ukuran tubuh (koala) jantan," kata Bill Ellis, salah satu peneliti yang menuliskan laporannya di jurnal tersebut, seperti dikutip dari ABC Net, 28 September 2011.

Di telinga kita, kata Ellis, kita akan sulit membedakan antara koala biasa dengan koala besar. "Tapi nampaknya koala bisa membedakannya," tambah sang penulis yang merupakan anggota dari Grup Ekologi Koala.

Menurut Elis, suara lenguhan koala membuatnya seperti memiliki bidang vokal sepanjang 50 cm. Atau hampir separuh panjang tubuh koala itu sendiri. Kotak suara koala juga tertanam jauh di dalam tenggorokannya bahkan bisa diturunkan lebih rendah lagi menggunakan otot yang ada di rongga dada.

"Jika Anda melihat resonansi vokalnya, Anda akan mengira suara itu datang dari hewan yang berukuran jauh lebih besar," kata Ellis.

Saat ini, Ellis menyebutkan, pihaknya tak sabar untuk mengambil langkah berikutnya. "Jika kita bisa memanipulasi suara ini untuk membuat suara jantan besar seperti jantan kecil dan mengamati pergerakan si betina, maka kita bisa mulai mempelajari bahasa mereka," ucapnya.

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Gugel Ke 2 • Design by Dzignine