Tips 'rahasia' jalan-jalan di Singapura

Dulu aing pernah tinggal di Singapura beberapa tahun, kepikiran mungkin bisa share beberapa tips yang mungkin belum banyak orang tau di Singapura...



Transportasi



Untuk turis bisa coba cek Singapore Tourist Pass tapi ane rasa sedikit kemahalan ya? $8 sehari buat kereta ama bus. Tapi ini kembali kepada aboi-aboi.



Negara tetangga kita ini transportasinya emang top. Naik taksi emang kadang bisa terkesan mahal, tapi kalo rame-2 sebenernya ga terlalu mahal kok. Maksimum jumlah penumpang cuman 4 orang yah.







Nah bagi yang suka banget keliling jalan-jalan, MRT adalah pilihan yang tepat. Kalo mau ngecek tarif MRT buat ke mana-mana, silahkan cek di website SMRT lumayan bisa buat ngitung-2 budget juga :)





Naik bus di Singapur sebenernya mudah banget. Di setiap bus stop ada petunjuk jalan yang ngasitau kita lagi di mana, dan apakah ada bus yang menuju tempat yang kita tuju. Bus di Singapur ada 2 macem, SBS transit dan SMRT. SBS Transit sepertinya yang lebih sering keliatan, dan yang lebih baru. Di websitenya aboi bisa ngecek bus yang mana aja yang ngelewatin tempat-2 yang aboi mau datengin. Nah buat para iPhone users, lebih nyaman lagi nih soalnya ada app yang namanya SGP (Singapore Bus Guide) yang bisa ngasitau lebih jelas bus apa bakal dateng jam berapa.





Tempat tinggal



Tempat tinggal murah di Singapur lumayan banyak kok... dari yang kelas backpacker sampe yang kelas satu. Dulu banyak temen n keluarga aing yang nginep di apartemen, tapi seiring dengan waktu tempat-2 tersebut juga semakin tua dan kurang nyaman ya (IMHO lho...) jadi makanya banyak yang mulai nginep di hotel. Buat hotel di Singapur bisa nyari di Agoda.web.id ataupun di Booking. Hotel-hotel yang murah dan oke misalkan Hotel 81 atau Fragrance. Buat backpackers bisa coba cek di Bugis Backpacker. Singapur kecil, jadi mau tinggal di belahan manapun, yang penting deket dengan transportasi umum, semuanya gampang.





Tempat jalan-jalan

Ga seru ye kalo aing lagi-lagi nyaranin ke Universal Studio, Singapore Flyer, Orchard, dll. Semua orang juga uda tau yah? Nih beberapa tips 'rahasia' hehe



1. Singapore Botanical Garden

Kebun ini bagussssss banget. Ijo banget dan bersih. Dan best of all, ga ada tiket masuk, alias gratis! Di sini sering diadain orkestra outdoor kalo weekend. Aing pernah datengin salah satu konsernya, wah sungguh luar biasa. Orang-orang pada piknik di taman ijonya yang begitu luas sambil menikmati musik klasik... tapiii SBG ga bisa dicapai langsung dengan MRT, kudu pake bus. Ini yang berhasil aing copas guide buat naik bus ke situ:



Via Holland Road

SBS Transit 7, 105, 123, 174

SMRT 75, 77, 106



Via Bukit Timah Road

SBS Transit 48, 66, 151, 153, 154, 156, 170

SMRT 67, 171





2. Daerah Katong/East Coast

Pernah denger yang namanya Katong Laksa? Budaya Peranakan? Atau East Coast Park? Nah semuanya itu berpusat di sini! Katong itu terletak di bagian timur Singapur, deket dengan MRT Eunos (kalo dari Orchard searah menuju ke Changi airport). Menurut aing daerahnya asik banget. Beda dengan Orchard yang penuh dengan gedung tinggi & mall, di Katong lebih banyak apartemen-apartemen kecil dan rumah landed trus juga banyak shophouses dan tempat makanan.







Kalo dari MRT Eunos tinggal naik bus nomer 16. Kalo ga yakin berenti di mana silahkan tanyakan kepada sang supir aja :)



East Coast Park adalah taman terbesar di Singapura, di situ juga terdapat pantai. Orang-orang lokal bisanya suka nyewa chalet (villa kecil) di dekat situ trus BBQan sampe pagi... Di situ aboi bisa jogging di jogging track, sewa sepeda atau sepatu roda. Buat berenang jg bisa tapi ga yakin ya higienis apa ngga... Lagi-lagi: gratis.







3. MacRitchie Reservoir



MacRitchie Reservoir adalah bendungan pertama di Singapur yang dibangun pada tahun 1867-1868, tapi kalo sekarang ke situ adalah buat ngunjungi national park. Taman ini ramah pengunjung kok, bukan hutan belantara yang penuh binatang buas. Di dalam taman ini tersedia track yang bersih dan rapi yang bisa jadi petunjuk ketika agan jogging di dalem. Tracknya sepanjang 3 hingga 11 km, tergantung aboi milih track yang mana. Tenang aja, hutan di Singapur ini bebas nyamuk. Aing jg masih bingung kok bisa ya? Hebat deh beneran. Silahkan klik di link atas buat nyari tau cara perginya ya. Waktu itu aing perginya pas lagi gerimis-gerimis terus ketemu danaunya yang penuh dengan mist... wah!





4. Night Safari

Night Safari Singapur adalah safari malam pertama di dunia. Beda dengan safari malem lainnya, lightingnya dibikin bener-2 alamiah banget dan kita dibawa keliling di dalem tram selama di sana buat ngeliat binatang-binatang nokturnal. Bagi aing yang kurang begitu demen dengan kebun binatang, Night Safari adalah sesuatu yang berkesan banget. Emang sih tiket masuknya ga murah, $32 untuk dewasa, $21 untuk anak kecil, tapi it's worth it. Ada tiket kombinasi dengan Singapore Zoonya yaitu $42 untuk dewasa dan $28 untuk anak kecil. Klik di sini buat nyari tau cara perginya ya.. ada banyak banget soalnya tergantung dari mana.





5. Dempsey Hill

Dempsey Hill adalah tempat di deket Holland Village buat tempat nongkrong para ekspat dan orang-orang muda Singapur. Di sini cuman terdapat banyak restoran-restoran, asik buat nongkrong







Makannnnn



Sebenernya banyak banget tempat makan di Singapur yang top banget, tapi aing cuman list down makanan-2 yang harus dicoba plus restoran yang aing rasa paling enak ya!



1. Wee Nam Kee chicken rice. Nasi ayam yang satu ini super duper enak, terletak di deket MRT Novena.







2. 328 Katong Laksa buat nyobain laksa Katong yang asli... bisa request dengan/tanpa kerang.





3. Makanan Peranakan.. nah buat ini ada 2 tempat yang bisa aing rekomen:

- Ivins Peranakan (terletak di Upper Thomson Road, bagian utara Singapur) - makanannya enak-enak banget... mirip makanan Indo dengan ciri khas Chinese.



- Gloria (ini di Katong) - nah ini juga enaknya parah gileee... harus pesen fish head currynya ya! Enak banget!







4. Wantan mee

Fei-fei di Joo Chiat Place, di daerah Katong juga. Mie nya homemade, kenyal banget trus maaf, B2nya jg enak.







5. Makanan India... nah kalo yang demen makanan India bisa ngunjungin Banana Leaf Apolo restaurant di Little India. Alamat lengkapnya: 54 Race Course Road.





6. Dim Sum... bagi para penyuka dim sum bisa ke Asia Grand Hotel yang terletak di Bras Basah Road... MRT Bras Basah/Bugis.



7. Nasi Lemak... yang paling enak tuh Punggol Nasi Lemak.







8. Prawn Mee... aing pencinta prawn mee banget dan menurut aing yang paling enak adalah di Sultan Prawn Mee, terletak pas di seberangnya Kallang MRT.







9. Curry Rice mungkin makanan ini belum sering diliat di tempat lain. Basically Curry Rice yang di Singapur ini adalah nasi yang disirem secara tumpah ruah dengan kari ala Chinese (jadi ga ada bau rempah seperti kari Indo maupun India). Dan biasanya dimakan dengan omelet, atau daging. Yang terkenal adalah Beach Road Scissors Cut Curry Rice di Jalan Besar









10. Fish Soup... Yang terkenal adalah Blanco Court Fish Soup, ada dua pilihan yaitu dengan ikan putih biasa atau yang goreng. Dengan sup yang jernih ataupun yang uda dicampurin susu. Enaknya aduhhhhhhhhh.......





Ya uda deh sekian dulu ya aboi-aboiwati. Kalo ada saran maupun kritik yang membangun, silahkan drop comment ya! :)

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Gugel Ke 2 • Design by Dzignine