Gaya Rambut Rakyat Iran Diatur Pemerintah

 
Iran meluncurkan katalog model rambut pria yang disebut sebagai gaya potongan Islami. Potongan rambut yang rata-rata berpotongan pendek tersebut telah mendapat pengesahan dari Kementerian Kebudayaan dan Ajaran Islam Iran.
Peluncuran model rambut pria tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menghapuskan potongan rambut gaya Barat.

Seperti dikutip dari laman The Australian, buku panduan model gaya rambut Islami tersebut dirilis di Teheran pada Senin, 5 Juli 2010. Tujuannya, untuk membantu kaum lelaki Iran memilih potongan rambut yang tepat sesuai dengan ajaran Islam.

Gaya rambut yang disahkan antara lain model belah samping atau gaya jambul ala Elvis Presley. Pemakaian gel tidak dilarang. Sedangkan model potongan rambut yang dilarang antara lain model spike, mullet (pendek di depan dan samping tetapi panjang di belakang), serta model gondrong yang diikat ekor kuda dan Fauxhawk atau Mohawk palsu.

Sebagian besar model wajah pria yang tampil di katalog bersih dari jenggot, meski seorang model memelihara jenggot. "Model rambut ini terinspirasi oleh kompleksitas masyarakat, budaya, dan agama di Iran, serta ajaran Islam," kata Jaleh Khodayar, penanggung jawab festival Modesty and Veil Festival yang akan digelar akhir bulan ini di mana katalog model rambut tersebut akan mulai dipromosikan.

"Kami senang pemerintah mendukung kami dalam merancang gaya rambut ini dengan tujuan untuk menghindari gaya rambut yang tidak sesuai dan mendorong perkembangan budaya Islam," lanjut Khodayar. (sj)


• VIVAnews

Nugum 04 Sep, 2011

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Gugel Ke 2 • Design by Dzignine